14
Jun
13

MotoGP 2013 Catalunya Spanyol (Jelang); Analisa Tikungan Panjang Honda RC213V Dan Yamaha M1

 MotoGP 2013 Catalunya Spanyol (Jelang); Analisa Tikungan Panjang Honda RC213V Dan Yamaha M1

ManiakMotor – Analisa lagi. Dani Pedrosa memang perlu khawatir dengan tikungan-tikungan panjang sirkuit Catalunya, Spanyol, tempat seri 6 MotoGP, 16 Juni 2013. Di Mugello lalu, pembalap Repsol Honda Team ini kehabisan stamina bersama ban mengejar Yamaha M1 Jorge Lorenzo, karena dimakan tikungan parabolik yang lama.

Padahal official tyres MotoGP sudah menjamin menciptakan sisi kiri dan kanan yang berbeda (asimetris) kualitas tinggi. Jika kebanyakan kanan, kompon sisi kanan yang lebih tebal. Juga seperti pengakuan Bridgestone baru lalu, bahwa sudah ada ban yang tahan panas dan khusus untuk Catalunya yang asimetris itu.

Tetap saja Pedrosa ragu. “Yang saya khawatirkan hanyalah kinerja ban, terutama tingkat degradasinya sepanjang balapan. Kami harus fokus soal ban ini, terlebih banyak tikungan yang belok kanan dalam jangka waktu yang panjang,” tutur Pedrosa dengan terbayang-bayang peristiwa di Mugello yang 6 lap terakhir tidak konsisten lagi.

Tetap khawatir tikungan panjang
Menganalisa cara Pedrosa bermain di Mugello, ia banyak memforsir stamina dan ban. Sementara tipikal Catalunya hanya beda tipis dengan Mugello. Bila diulanginya di Catalunya, kemungkinan dia akan kehabisan ban lagi, tidak peduli sudah ada jaminan dari produsen karet item. Pedrosa, saking enaknya pakai girboks SSG pada RC213 yang bisa diajak menikung sempit dan tipis pada jalur, makin digiringnya pada sudut yang lebih sempit.

Efek dari gayanya itu, tekanan roda ke trek lebih banyak. Rpm selalu lebih besar menahan motor tetap pada jejaknya. Keluar tikungan pun, putaran mesin lebih tinggi. Ya, ban lah yang bekerja lebih keras ketimbang taktik Jorge Lorenzo (Yamaha Factory racing) yang pakai line diawali di mulut tikungan lebih lebar, pas masuk kembali tipis dan keluarnya sesuai hukum menikung. Jadinya halus. Itu di muke lu, eh Mugello, sekarang menuju kata lu, eh Catalunya. Becanda bro.

Bukan karangan. Buktinya dari pengakuan Marc Marquez, teman setim Pedrosa yang 12 lap di belakang Lorenzo dan Pedrosa di Mugello. Katanya, kedua kakaknya itu punya cara dan line berbeda di Mugello. “Luar biasa permainan mereka, keduanya punya trik yang beda, perlu saya tiru,” kata Marquez yang pasti menggabungkan ilmu keduanya yang ia diperlukan di Catalunya.

Pedrosa sendiri dan krunya akan fokus pada R1 dan terutama dari R2 menuju R4 dan R11 sampai R13 di Catalunya. Tikungan-tikungan ini yang panteng terus dengan kecepatan tinggi. Ini menjadi sebaliknya dengan ragunya Lorenzo yang lebih konsen pada gigi rendah atau tikungan pelan yang ceritanya ada di BERITA TERKAIT. Miolo. #MM


0 Responses to “MotoGP 2013 Catalunya Spanyol (Jelang); Analisa Tikungan Panjang Honda RC213V Dan Yamaha M1”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

@MotoGP_Mania

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

MotoGP Mania Indonesia


%d blogger menyukai ini: